Posisi Keempat Premier League Belum Pasti menuju Liga Champions

Posisi Keempat Premier League Belum Pasti menuju Liga Champions

Perebutan tempat di 4-besar Premier League kampanye musim ini masih berlangsung sulit. Tottenham Hotspur, Arsenal, Chelsea, dan Manchester United tetap berpotensi berakhir di tempat itu. Tapi, tim yang berposisi di tempat keempat Premier League kemungkinan mesti gigit jari.

Pada dasarnya, sesuai nilai koefisien Inggris, 4 tim di tempat tertinggi Premier League mendapat posisi di Liga Champions. Tapi, hal tersebut dapat berubah dengan banyak situasi. Tempat keempat Premier League kemungkinan tidak melaju menuju Liga Champions.

Hal tersebut tergantung pencapaian Tottenham, Chelsea, dan Arsenal di turnamen antarklub Eropa. Jika Tottenham jawara Liga Champions dan Chelsea ataupun Arsenal jawara Liga Europa, tempat keempat Premier League mesti harap-harap cemas.

Soal bakal datang jika 2 dari 3 tim ini menjadi jawara di ajang antarklub Eropa, namun tidak berhasil finis di tempat 4-besar. Sesuai peraturan UEFA, maksimum cuma 5 klub dari satu negara yang dapat tampil dalam Liga Champions.

Jika ini yang berlangsung, Jatah Inggris menuju Liga Champions bakal diboyong 3 kesebelasan tertinggi Premier League ditambah Tottenham menjadi jawara bertahan dan Chelsea ataupun Arsenal menjadi jawara Liga Europa. Sebagaimana diketahui, jawara Liga Europa mendapat jatah main di Liga Champions pada kompetisi musim selanjutnya.

Pengalaman pahit tidak berhasil melaju menuju Liga Champions walau berakhir di tempat keempat Premier League sudah dirasakan Tottenham. Pada kompetisi musim 2012-13, mereka mesti memberikan jatah diboyong Chelsea yang memenangi Liga Champions 2011-12 dengan menghajar Bayern Munich. Kala itu, Chelsea berakhir di tempat kelima Premier League pada penghujung kompetisi musim.

Leave a Reply

Your email address will not be published.